Tuesday, July 26, 2016

Solusi limited or no connectivity pada jaringan Speedy

Pagi ini rencana saya mau mengerjakan tugas rutin yang diamantkan atasan yaitu kirim data On Line, Aku colokkan kabel power CPU dan Monitor ke sumber daya, Aku tekan tombol power CPU dan menyala lah komputernya.. tak lupa aku juga nyalakan modem Speedy, sambil nunggu komputer booting dan loading tak lupa aku buat teh anget untuk menghangatkan badan ini. KOmputerpn sudah siap begitu pula minumannya. Ketika aku aku duduk di depan monitor kok ada tampilan aneh pada pada pojok kanan bawah pada icon "Local Area Connection", untuk tampilannya adalah sebagai berikut :

kemudian aku klik pesan tersebut dan muncul tampilan seperti ini :



dan aku klik juga tulisan " Support"
sampai disini kemudian aku ambil langkah langkah :
1. Cek sambungan dari kabel telkom ke Modem, aku lepaskan untuk memastikan jaringan tak ada masalah, aku tunggu beberapa saat dan aku sambung lagi dan ternyata pesan " Limited or no connectivity" masih muncul. kemudian aku lanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu :
2. Melepaskan sambungan wireless router dari modem, hal ini karena di tempatku ada modem yang di sambungkan ke wireless router,  aku tunggu beberapa saat dan aku sambungkan kabel dari modem langsung ke LAN komputer, kemudian komputer direstart, setelah itu dicoba dan masih tetap muncul pesan itu.
3. Setelah melakukan langkah langkah tersebut aku jadi ingat kejadian beberapa bulan yang lalu, Pada waktu itu aku hubungi layanan internet ini yaitu Telkom Speedy. Saat itu dari operator memberikan solusi yaitu dengan cara me reset modem. Untuk me reset modem bisa dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :
a. Tekan tombol reset yang ada di bagian belakang modem, di tempatku modemnya TP Link TD 8817, dalam menekan tombol reset ini bisa menggunakan ujung bolpoint, tekan agak lama sampai semua lampu menyala kemdian tunggu sampi hanya lampu power yang menyala dan lepaskan tekanan pada tombol reset.

 


b. Buka browser anda dan masukkan ip defaultnya yaitu : 192.168.1.1 kemudian tekan enter

c. Setelah itu akan muncul kotak seperti gambar di atas dan pada User Name / Nama Pengguna : admin untuk Pasword/Sandi :admin kemudian klik OK atau enter

d. Kemudian akan muncul
 e. lanjutkan dengan klik Quick Start dan klik Run Wizard
  f.  klik Next

g. Pilih Zona Waktu : Bangkok, Jakarta,  Hanoi


 h. Pilih PPoe / PPPoA dan klik Next

i. Langkah berikut adalah langkah yang terpenting yaitu anda harus memasukkan Username spedy yang anda miliki dan pasword yang anda miliki juga, untuk VPI:8 dan VCI:81 seperti gambar berikut :


perlu di ingat untuk VPI dan VCI tiap daerah berbeda beda, untuk mengetahui di daerahmu silahkan telpon 147 melalui telpon

.
j. untk menyimpan konfigurasi/setingan tersebut, langkah berikutnya adalah tekan Next
h. klik Close
Setelah klik close matikan dulu modem beberapa detik, kemudiannyalakan lagi. dan silahkan di coba.

Demikin ulasan solusi limited or no connectivity pada jaringan Speedy semoga bermanfaat dan bisa membantu sobat yang mengalami hal yang sama dengan kejadianku di pagi ini...

No comments:

Post a Comment