Friday, September 2, 2016

Cara Mengatasi CPU Berbunyi Keras

Malam ini begitu sepi, tetapi tak sesepi di tempat temenku ini yaitu ketika kami menyalakan Komputer yang ada di ruangan tengah. Setelah Komputer di nyalakan suara mesin pun mulai berdengung, tak ketinggalan ada tambahan Suara yang begitu lumayan kerasa dari CPU tersebut yang tak seperti biasanya. Suaranya begitu berisik. Sungguh keras suara itu, dari ruang tengah sampai di ruang paling belakang pun terdengar keras. Karena suara berisik yang mengganggu tersebut maka kami mematikan komputer tersebut guna memeriksa keadaan CPU tersebut.

Sebelum kami memeriksa keadaan CPU tersebut, kami sempatkan untuk berselancar ke dunia maya alias kami browsing google mencari penyebab dan Solusinya. Dibawah ini beberapa Penyebab dan solusi CPU berbunyi keras dan berisik:

1. FAN/Kipas
Dari berbagai komponen yang terpasang dalam Casing yang bekerja semenjak CPU di nyalakan dan dalam proses bekerja dengan bergerak adalah Fan/Kipas. Kami mencoba cek keberadaan Fan tersebut, baik dari segi pemasangan, Kebersihan kipas dan Memang kipas yang ada sangat kotor dengan menempelnya debu yang begitu tebal. Solusi untuk ini adalah dengan cara membersihkan kipas secara berkala dan jangan lupa memberikan pelumas secukupnya.

2. Processor Overheat
Processor Overheat adalah kondisi di mana Suhu atau temperatur Processor terlalu panas disebabkan karena pada saat kerja multitasking seperti membuka aplikasi yang berat bersamaan dan dalam waktu yang lama, sehingga memicu peningkatan suhu pada Processor yang akibatnya kipas akan berputar lebih kencang dan mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Solusi untuk keadaan yang seperti ini adalah sebaiknya anda jangan memaksakan komputer untuk bekerja secara ekstra (berlebihan) jika tidak terlalu di prioritaskan.

3. Tata Letak Kabel
JIka pemasangan dan tata letak kabel yang semrawut atau asal asalan juga mengganggu, terutama jika ada kabel yang menempel pada kipas sehingga akan mengganggu kinerja kipas berputar dan inilah yang akhirnya memicu keluarnya bunyi keras pada kipas. Solusinya adalah , rapikan tata letak kabel pada CPU agar tidak mengganggu kinerja Kipas.

4. CPU Dipenuhi Dengan Debu.
inilah faktor utama dari semua yang kita bahas, jika didalam CPU banyak debu yang menempel secara otomatis akan mengganggu hardware, terutama kipas. Lakukanlah pembersihan debu secara berkala, cek sesering mungkin untuk kebersihannyam terutama pada kipas kipas, Kipas dekat Processor, dan yg tidak kalah pentingnya adalah kebersihan pada RAM.

5. Casing CPU
Bunyi yang keras dan berisik dari CPU bisa di sebabkan juga oleh Casing CPU yang kendor atau longgar pemasangannya. Priksalah kerapatan Casing CPU ini agar benar benar dalam pemasangan tidak longgar semua baut terpasang dengan benar agar tidak menimbulkan suara yang berisik.

6. Komponen Hardware Dalam CPU
Bisa saja suara yang berisik dari CPU ini disebabkan adanya perangkat atau komponen Hardware yang tidak terpasang dengan benar, masih longgar. Periksalah pemasangan masing masing Hardware di dalam CPU tersebut, pastikan terpasang dengan benar dan semua baut terpasang dengan tepat.

Dari semua langkah langkah di atas ternyata memang penyebab utama adalah CPU kotor, baik itu kipas atau Fan sehingga kami pun membawanya ke tukang tambal ban dekat rumah hanya sekedar menyemprot CPU yang penuh dengan debu tersebut, memang cara ini kurang bahkan tidak lazim untuk di lakukan, tetapi karena kami dalam keadan tak memiliki peralatan untuk membersihkan cpu maka kami ppun menggunakan the power of kepepet dengan menyemprot CPU dengan kompresor. Setelah kami menyemprot CPU dengan kompresor maka kami rakit lagi dan mencobanya...dan Alhamduliilah bunyi berisik itupun hlang danhanya bunyi biasa yang terdengar, bunyi halus dari Fan.

Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi CPU yang mengeluarkan bunyi keras dan berisik, semoga pengalaman ini menjadi pembelajaran untuk kita semua dan bisa berguna bagi para pengunjung dan pembaca blog ini.

Baca Juga

2 comments: